Sabtu, 08 Februari 2014

Fakta Unik dan Menarik Tentang Jepang

1. Karakter huruf yang membentuk nama Negara Jepang Nippon dan Nihon memiliki arti “asal- matahari" itulah sebabnya Jepang kadang-kadang disebut sebagai “Tanah Matahari Terbit".
2. orang jepang terkenal dengan Tata Krama dan kesopanannya. kita bisa melihat mereka mengeluarkan “sisi liarnya” dalam 2 kondisi yaitu: ketika mereka mabok dan ketika mereka sedang berlarian masuk ke dalam kereta yang udah mau berangkat.
3. Di Jepang angka 4 dan 9 sangat di benci , karena 4 di baca "shi" yang arti nya "mati" dan 9 yang di baca "ku" yang arti nya sengsara dan alasan itu juga mengapa Nokia tidak mengeluarkan Symbian 4th edition . Dari Symbian 3rd edition langsung meloncat ke Symbian 5th edition.
4. Orang Jepang menyukai angka "8". Harga-harga barang kebanyakan berakhiran "8". misalnya susu dengan harga 198 yen. Tapi karena aturan sekarang ini mengharuskan harga barang yang dicantumkansudah harus memasukkan pajak, jadi mungkin kebiasaan ini akan hilang. Pasar Yaoya tulisan kanjinya berbunyi happyaku-ya atau toko 800.
5. Kebanyakan gadis-gadis nya sudah tidak perawan , mereka melepas keperawanannya pada saat masuk SMA dan keperawanan nya bukan di renggut oleh kekasih nya melainkan oleh teman lelaki nya.
6. Seseorang boleh membonceng dengan sepeda apabila umur nya sudah di atas 16 tahun lalu tidak boleh membonceng seseorang dan kalau pun boleh , yang di bonceng itu di bawah 1 tahun , jika melanggar dapat di denda 20 ribu yen.
7. Samurai" (侍) bukanlah pedang, melainkan sebuah gelar. Yang merupakan pedang dari jepang adalah Katana - 刀 (bersisi tajam 1) dan Tsurugi - 剣 (bersisi tajam 2), serta Wakizashi pedang kecil yang lebih besar dari pisau tapi lebih kecil dari pedang utama, digunakan sebagai side arm Banyak orang Indonesia salah kaprah dan menyebut "samurai" sementara yang dimaksud adalah suatu pedang. Uniknya orang Indonesia tahu "samurai" adalah prajurit manusia.
8. Ninja tidaklah berawal dari pasukan elit yang terlatih, tapi dari rakyat miskin yang dijadikan pembunuh rahasia.
9. Taxi di Jepang biasa nya yang membuka dan menutup pintu adalah Supir , sedangkan penumpang tidak di perbolehkan untuk membuka dan menutup pintu taxi.
10. Sama dengan orang Indonesia, Orang Jepang mengumbar kata “cinta“. jadi untuk menyatakan perasaan sayang mereka memakai kata “suka”. cinta bermakna lebih dalam dan dipake ketika sudah menikah dll.
11. Di Jepang , salah satu cara minta maaf yang paling tepat adalah bunuh diri , tidak heran banyak tentara Jepang yang mati bunuh diri karena kalah perang.
12. Di Jepang kebanyakan orang nya tak beragama/atheis , tetapi walaupun atheis , mereka sangat mematuhi peraturan yang berlaku.
13. Kalau musim panas, drama di TV seringkali menampilkan hal-hal yang berbau seram (horror).
14. Di Jepang ada pemandian Umum (campuran) "perempuan dan laki-laki. meskipun begitu, kebanyakan yang mandi adalah nenek-nenek, wkwkwk,,
15. Cara baca tulisan Jepang ada dua cara yaitu: yang sama dengan buku berhuruf Roman alphabet huruf dibaca dari atas ke bawah, dan yang kedua adalah dari kolom paling kanan ke arah kiri. Sehingga bagian depan dan belakang buku berlawanan dengan buku Roman alphabet (halaman muka berada di "bagian belakang" .
16. Tanda tangan di Jepang hampir tidak pernah berlaku untuk keperluan formal, melainkan harus memakai hanko/inkan/cap. Jenis hanko di Jepang ada beberapa yaitu: Jitsu-in, Ginko-in, dan Mitome-in. Jadi satu orang kadang memiliki beberapa jenis inkan, untuk berbagai keperluan. Jitsu-in adalah inkan yang dipakai untuk keperluan yang sangat penting, seperti beli rumah, beli mobil, untuk jadi guarantor, dsb. jenis ini diregisterkan keshiyakusho. Ginko-in adalah jenis inkan yang dipakai untuk khusus membuat account di bank. inkan ini diregisterkan ke bank. Mitome-in dipakai untuk keperluan sehari-hari, dan tidak diregisterkan.
17. Di Jepang, tanda tangan tidak pernah di gunakan untuk keperluan formal berbeda di Indonesia yang selalu menggunakan tanda tangan.
18. Hanya terdapat 2 lagu Indonesia, yang ada di tempat Karaoke di Jepang, yaitu:“bengawan solo” dan “nona manis siapa yang punya”. itupun sudah dirubah liriknya ke dalam bahasa jepang.
19. Sebelum bepergian, biasanya orang Jepang selalu ngecek ramalan cuaca. Dan 90% ramalan cuaca itu akurat. Itu sebabnya kalo ada orang bawa payung, pasti kita bakal liat orang yang lainnya lagi bawa payung juga. Dan perempatan Shibuya adalah tempat yang paling menarik ketika hujan, karena dari atas kita akan melihat lautan payung yang berwarna-warni.
20. Bunga sakura adalah bunga yang spesial di Jepang, karena bunganya hanya tumbuh 2 minggu selama setahun. Ketika tumbuh, bunganya memenuhi seluruh pohon, tanpa daun. Setelah 2 minggu, tidak ada satupun bunga sakura, yang ada hanyalah daun-daun hijau,tanpa bunga, dan jadi tidak menarik lagi.
21. Perbedaan ukuran tinggi lantai dapat membantu menunjukkan kapan kita harus melepas sepatu atau sandal. Di pintu masuk ke rumah di Jepang, lantai biasanya akan dinaikkan sekitar 6 inci, yang berarti Anda harus melepaskan sepatu dan memakai sandal rumah. Jika rumah memiliki ruang tikar tatami lantainya mungkin dinaikkan sekitar 1-2 inci, artinya Anda harus melepaskan sandal Anda.
22. Jika seseorang memberikan kartu namanya ke kita, kita ga boleh masukin kartu itu ke dalam kantong/dompet selama orangnya masih ada di depan kita. jadi kalo posisi kita berdiri, ya pegangin terus deh tuh kartu. kalo posisi kita duduk, taro kartu namanya di meja. masukin kartu nama mereka ke dalam kantong/dompet = sesuatu yg sangat gak sopan.
23. Mie ramen adalah makanan populer di Jepang dan ada kepercayaan bahwa dibutuhkan latihan ekstensif untuk membuat kaldu sup yang lezat.
24. Sama seperti orang Indonesia, orang Jepang terbiasa untuk makan dengan nasi setiap kali makan, termasuk sarapan.
25. Geisha berarti "orang seni" dan geisha pertama sebenarnya laki-laki.
26. Terdapat es krim dengan rasa yang luar biasa aneh di Jepang. Sebut saja es krim rasa lidah banteng, es krim bawang putih, es krim wasabi, es krim ikan paus, es krim belut, dan lain-lain.
27. Ketika mandi tubuh dan rambut harus benar-benar digosok dengan sabun dan dibilas hingga bersih sebelum memasuki bak mandi atau furo.
28. Meski tak banyak penduduk Jepang beragama Kristen, Natal selalu dirayakan secara besar-besaran di Jepang.
29. Mesin penjual otomatis di Jepang tak hanya menjual minuman kaleng dan rokok tetapi juga bir, sake, buah, sayur, telur, beras, makanan hangat, bahkan pakaian dalam.
30. Tisu sering digunakan sebagai media promosi di Jepang. Perusahaan kerap menyewa pekerja sambilan untuk membagikan tisu gratis bertuliskan iklan kepada para pengguna jalan.
31. Para Siswa-Siswi di Jepang, membersihkan sekolah mereka setiap hari selama seperempat jam dengan para guru, yang menyebabkan munculnya generasi Jepang yang sederhana dan tertarik pada kebersihan.
32. Warga negara Jepang yang memiliki anjing harus membawa tas dan tas khusus untuk mengambil kotoran anjing. Kebersihan dan keinginan mereka untuk mengatasi kebersihan adalah sebagian dari etika Jepang.
33. Pekerja kebersihan di Jepang disebut "insinyur kesehatan" dan dapat perintah gaji 5000-8000 USD per bulan, dan menjadi materi ujian tes tertulis dan lisan!.
34. Orang jepang kalo ngamen ga minta duit. Mereka cuma naro cd (demo musik) hasil karya mereka sendiri. Jadi kalo ada yg tertarik dengan musik yg mereka maenin, mereka tinggal ambil cd yang dipajang + taro duitnya. Hebat ya, ngamen aja pake kreatifitas.
35. Di Jepang siswa dari kelas satu sampai enam pendidikan dasar (SD) harus belajar etika dalam berurusan dengan orang.
36. Ada BH khusus cowok di jepang bagi cowok yang ngerasa asetnya kegedean, wkwkwk.
37. Terdapat information center (gratis!) khusus untuk tempat-tempat mesum, Wow!!.
38. Ada festival (maaf perlu sensor) p*nis dan v*gina. Ini bukan festival “plus-plus”, tapi beneran festival resmi yang berhubungan dengan kebudayaan dan kepercayaan shinto. Festival “p” lebih terkenal daripada festival “v”, Wow!!.
39. Anak SD wajib pake tas kotak (kayak yg dipake conan) yang harganya mahal banget (kira" Rp.2.000.000-Rp.3.000.000).
40. Semua ramen di jepang (mayoritas) pasti pake daging babi. jadi buat yang muslim, hati-hati ya. mending kalo pengen mie pesen tempura udon dsb.
41. Satu-satunya bank Indonesia yang ada di jepang adalah Bank BNI.
42. Makanan indonesia yang paling dikenal adalah nasi goreng.
43. Ada coklat dengan rasa aneh : rasa cabe, rasa wasabi, rasa kacang merah, dll.
44. Orang Jepang jarang memasang foto dirinya sendiri yg keliatan jelas di social networking atau blog.
45. Dalam mengadakan pernikahan, orang jepang hanya mengundang 50-100 orang. dan masing-masing tamunya harus memberi (wajib!) angpaw minimal 30ribu yen (Rp.3.000.000). Makanya kalo ada 2-3 bahkan lebih temen yang menikah dalam 1 bulan, itu akan menjadi bencana bagi dompet orang yang kena undang.
46. Orang-orang jepang jarang naik mobil atau motor , mereka lebih suka naik sepeda atau naik bus/angkutan umum Jepang.
47 Lebih dari 70% wilayah Jepang terdiri dari pegunungan, termasuk lebih dari 200 gunung berapi.
48 Gunung Fuji (Fujiyama), gunung tertinggi di Jepang, adalah gunung berapi yang masih aktif.
49. perceraian banyak terjadi di umur 50 ke atas (terutama setelah pensiun). faktor penyebabnya karena si suami biasanya terlalu konsen bekerja.
50. Kecepatan Internet di Jepang sangat lah laju, ane sarankan buat yang sering terjangkit lemot, lebih baik pindah ke Jepang, wkwkwk,, peace (^-^)b.
51. Beberapa sekolah menengah atas (SMA) di Jepang menerapkan aturan bagi para siswinya agar panjang rok yang dikenakan tidak boleh lebih dari 5 inchi di atas lutut.
52. Beberapa wanita di Jepang memotong rambut mereka setelah putus dengan pacar.
53. Kue/Snack untuk oleh-oleh biasanya memiliki bungkus yang berlapis-lapis.
54. Daging kuda mentah merupakan makanan yang sangat populer di Jepang.
55. Di Jepang hanya terdapat sedikit Nyamuk dan Lalat.
56. Pengguna Blackberry di Jepang hanya sedikit, mereka lebih suka Iphone.
57. Jepang memiliki lebih dari 50.000 orang berusia di atas 100 tahun.
58. Fotocopy di Jepang self-service, sedangkan di Indonesia di-service.
59. Acara Tv di Jepang lebih banyak nampilin acara masak.
60. Sebuah melon berkualitas tinggi dapat dijual dengan harga lebih dari $300 US.
61. Orang-orang di Jepang lebih suka mengkonsumsi ikan mentah.
62. Jepang adalah konsumen terbesar di dunia kayu yang berasal dari hutan hujan Amazon.
63. Judi paling populer di jepang adalah pachinko.
64. Tingkat kecakapan menulis dan membaca (keaksaraan) masyarakat Jepang hampir 100%.
65. Ada sekitar 1.500 gempa bumi setiap tahun di Jepang.
67. Jepang adalah produsen mobil terbesar di dunia.
68. Jepang merupakan negara maju di Asia.
69. Pasar Tsukiji di Tokyo adalah pasar ikan terbesar di dunia.
70. Mayoritas cewek-cewek jepang selalu pake sepatu hak 4 inci lebih dan jarang nemuin yang make flat shoes atau snickers.
71. Banyak nenek-nenek dengan rambut warna (mayoritas) ungu, biru muda, dan pink!
72. Mayoritas cowok jepang ngebentuk alisnya!
73. Family restaurant di jepang menyajikan hamburger steak dengan nasi.
74. Banyak pola kehidupan orang jepang yang berlangsung seperti ini : waktu lahir dibawa ke kuil shinto, waktu menikah diselenggarakan digereja, dan waktu meninggal disemayamkan di kuil buddha. intinya agama kayak mainan di jepang, karena mayoritas orang jepang gak beragama dan tidak percaya akan adanya tuhan.
75. Kita bisa menemukan orang yang makan pasta dengan memakai sumpit!.
76. Orang jepang sangat suka minum alkohol. tapi kenyataannya mayoritas orang jepang sangat lemah dalam meminum alkohol (cepet mabok).
77. Kalo orang jepang bilang :“abis kerja gimana kalo kita ngopi2?“, artinya kita ga diajak minum kopi, tapi minum alkohol.
78. Untuk beli rokok di vending machine diperlukan sebuah kartu yang bernama taspo.
79. Orang jepang tidak terlalu suka manis, terutama dalam hal teh dan kopi. kalo minum teh udah pasti minum ocha (teh jepang tanpa gula) dan kalo minum kopi mereka lebih prefer black coffee (tanpa gula).
80. Kita bisa melihat bapak-bapak ber-jas dan wanita karir lengkap dengan blazernya yang pergi ke kantor dengan menggunakan sepeda !
81. Gigi orang jepang banyak yang berantakan dan mereka biarin begitu saja.
82. Disney sea merupakan theme park yang cuma ada di jepang! (kita tidak akan menemukan dinegara manapun)
83. Bagi orang jepang, membaca tulisan alphabet perasaannya sama kayak kita kalo membaca/melihat kanji (bikin pusing)
84. Sensei artinya bukan “guru” , tapi merupakan sebuah panggilan ke beberapa profesi orang : guru, pengarang komik, dokter, pengacara, accountant terkenal, dll. kalo diliat dari kanjinya, kanji pertama “sen” artinya “duluan”, dan kanji kedua “sei” artinya “lahir”, jadi kalo di translate langsung artinya kira-kira ''lahir terlebih dulu”, dan kalo kita liat maknanya = orang yang mempunyai pengalaman/ilmu karena dia sudah menuntut ilmu terlebih dulu daripada kita.
85. Pepsi di jepang punya rasa yang aneh : pepsi timun, pepsi kacang merah, dan pepsi shiso (shiso = daun perilla. daun yang punya wangi aneh, biasanya utk dicampur sama sushi)
86. Satu-satunya penyanyi indonesia yang ada di karaoke jepang adalah “delon”, krn dia pernah duet sama mayumi itsuwa nyanyi “kokoro no tomo”. dan lagu delon yang ada di karaoke jepang ya cuma kokoro no tomo.
87. pizza di jepang merupakan makanan yang cukup exclusive (apalagi resto2 khusus pizza kayak pizza hut dll). 1 loyang pizza ukuran medium, paling murah (biasanya) 1500 yen (Rp.150.000), sementara utk ukuran large biasanya 2000yen-an. kalo yang rasanya enak, biasanya pizza yang harganya 2000 yen keatas (utk ukuran M).
88. Toko baju paling murah di jepang = uniqlo. ibaratnya ini adalah baju sejuta umatnya orang Jepang. kalo gw beli baju disini, biasanya ga ane pake di 6 bulan pertama. setelah lewat 6 bulan baru ane pake. kalo begitu beli lgsg ane pake, kemungkinan ane bisa menemukan 5 hingga 10 orang make baju yang sama dalam 1 hari, wkwkwk.
89. Untuk memberikan sesuatu dengan sopan, orang jepang menggunakan kedua tangan mereka (bukan tangan kiri atau tangan kanan saja).
90. Selain ga bisa ngucapin huruf L (mereka biasanya tidak nbisa bedain L sama R), mereka juga tidak bisa ngucapin “er”/ “ur” dalam bahasa inggris (biasanya mereka lafalin “a”). misal : rider, bunyinya kalo diucapin orang jepang jadi “raida”, hamburger jadi “hambaagaa”. makanya kalo ada yang suka nonton Dragon Ball, ada tokoh yang namanya “frieza” kan ? padahal Akira Toriyama ngasih nama ke tokoh itu “freezer”, tapi krn dijepangin jadi “frieza”
91. Buah di jepang harganya mahal banget!! hati-hati bagi pecinta buah.
92. Di Jepang banyak kita menemukan orang bermasker bertebaran dimana-mana.
93. Tes bahasa inggris yang populer adalah TOEIC (bukan TOEFL atau IELTS). sangat susah bagi mereka untuk tembus angka 700 poin.
94. Setelah selesai makan orang jepang biasanya ngomong “gochisousama deshita”. Yang anehnya, setelah selesai makan di restoranpun, mereka suka teriak “gochisousama deshita” setelah bayar makanannya. Makna dari “gouchisousama deshita” : “terimakasih atas hidangannya!”. Coba bayangin kalo di indo kita teriak kayak gini, pasti semua orang langsung mikir “orang kampung!”.
95. Ada celana legging buat cowok dan banyak yang pake! Ada yg mau jadi trend setter di indo? Udah ada yg pernah ngelakuin sih.
 96. Payung made in japan (payung standard kayak yg sering kita pake kmana2 kalo ujan) harganya mahal bgt. Bisa lebih dari 2.000 yen (Rp.200.000), malah ada yang lebih mahal lagi (5000 yen lebih). Kalo cari payung di jepang, hati-hati ya! Cari yg made in china saja!
97. Pelayan atau penjaga toko selalu ngomong atau lebih tepatnya teriak : “selamat datang!” setiap ngeliat orang dateng. Walaupun sudah ada 1 orang yang teriak “selamat datang!”, bukan berarti pelayan/penjaga toko yang laennya ga ikutan teriak, semuanya pasti ikutan teriak juga, kadang hal seperti itu annoying juga loh
98. Les nyetir mobil di jepang punya harga yang selangit dibandingin negara lain. harga dari kelas awal sampai lulus sekitar 200 ribu yen bahkan lebih! (200ribu yen=Rp.20.000.000).
99. Orang bule di jepang bisa menjadi artis dadakan. Bisa tiba-tiba diajak foto sama cewek-cewek jepang ga dikenal, bisa tiba-tiba di cegat sama anak2 smp/sma yang lagi belajar bahasa inggris, dll.
100. Kalo orang Jepang sms, banyak banget pake emoticon (tergantung orangnya juga sih). Selain emoticon, mereka juga sering banget masukin simbol-simbol ga penting. Simbol yang paling populer adalah : Simbol bintang dan not balok. Kadang suka ngerasa kalo tingkah mereka kayak 4l4y.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar